Wednesday, May 16, 2018

Teks dakwah tentang ibu dan ayah adalah surgamu

                                          IBU DAN AYAH ADALAH JALANMU KE SURGA
Assalamualaikum w.w.
Alhamdulilahi rabbil ‘alamin,
Was sholatu wassalamu ‘ala,Asyrofil ambiyaa iwal mursalin,Sayyidina wa maulana Muhammadin,Wa ‘alaa ‘alihi wa shohbihi ajmain.Ama ba’du.

Saudara saudari yang dimuliakan Alloh swt. Alhamdulillah segala puji bagi Alloh swt yang tiada hentinya memberikan kita kesehatan sehingga di tempat ini kita berkesempatan  untuk mendengarkan ayat ayat Alloh swt. dan mendengarkan hadis hadist rasulullah saw. Pada kesempatan ini insyaallah saya akan membaca ayat ayat allah yang memerintahkan kita untuk berbakti kepada orang tua.

Orang tua merawat kita ketika kita masih bayi. Dan mereka menjaga dan merawat kita sampai kita tumbuh menjadi remaja. Kita hidup dari hasil  jerih payahnya, mereka korbankan dan usahakan dari jiwa, waktu , dan harta sehingga kita dapat hidup dengan sehat. Kapanpun malam datang. Ketika kau sedang sakit dan menderita dia langsung bangun dari tidurnya menjagamu dengan hatinya. Takut jika sebutir debu atau hawa dingin akan mencelakakanmu. Dia tidak dapat tidur ketika melihatmu sakit sampai kau tidur barulah dia tidur.

Siapa yang paling berhak atas kebaikan hati dan kelemah-lembutannya?
Ibumu ibumu ibumu
Dan barulah ayahmu
Jika kau berperilaku kasar dan keras terhadap orang tuamu
Ceroboh, sombong, kasar, tidak tahu sopan santun pada mereka, jangan samapi terkejut jika suatu hari ketika anak-anakmu tumbuh besar mereka berperilaku sama seperti itu kepadamu.
Ketika orang tuamu berbicara kepada anda, jangan hanya pura-pura medengar. Janganlah kau menghirauka mengabaikan. Tapi dengarkanlah dengan baik apa yang orang tuamu katakan. Walaupun dia marah walaupun kau tidak suka, walaupun orang tuamu berkata panjang dan membeber saja dengarkan kalau ibu ayah sedang bicara.

Tak ada hak yang lebih besar setelah hak Alloh dan rasulnya melebihi daripada hak orang tua
Manusia tak ada yang bisa lepas dari salah. Tapi jangan sesekali memandang hina terhadap orang tua. Walaupun perbuatnnya tak baik, biarkan perbuatan itu Alloh yang akan hukum. Baik akan dihukum atau dimaafkan. Tugas kita sepatutnya adalah ampunkan rahmati keduanya. Tidak ada hak anak menghukum kepada orang tua. Walaupun orang tua membiarkan anaknya. Walaupun orang tuanya itu tidak menafkahi. Orang tua tidak membagi nafkah, dia dosa kepada Alloh. Tapi tidak ada hak untuk anak untuk membalas untuk tidak menafkahi orang tuanya juga. Mana boleh. Tuntutan memberi nafkah kepada orang tua bukanlah orang tua yang menuntut tapi allah yang menuntut kita untuk membagi nafkah pada orang tua.

Udah berapa banyak uang yang kau keluarkan untuk merawat orang tua? Jangan sampai terpikir kan kalimat seperti itu dan jangan sampai keluar dari mulut kita
Dibandingkan dengan seberapa banyak pengorbanan orang tua kepada anak
Tak ada bandingnya . Tidak sebanding dengan pengorbanan orang tua pada anak
Saya bahkan tidak perlu memberitahumu berdasarkan Quran dan Sunnah
Karena faktanya adalah mereka adalah orang tuamu terlepas dari apa yang difirmankan Allah dan apa yang disabdakan Rasulullah s.a.w
Kau harus mencintai mereka. Tidak ada alasan!

Kenapa harus ada yang memberitahumu bahwa Allah telah memerintahkan untuk mencintai orang tuamu? Apakah kau begitu bodoh sampai-sampai kau tidak dapat melihat bahwa orang tuamu harus kau hormati? Kau bisa lahir ke dunia karena mereka!
Apakah aku harus mengingatkanmu bahwa Allah telah berfirman tentang ini?
Apakah kita tidak punya akal sehat untuk mengingat bahwa mereka harus kita cintai?
Berbaktilah pada orang tuamu selama yang kau bisa. Karena pada suatu hari nanti kau akan mengubur mereka dan pada hari itu kau akan menyesal.
 Ayat dan Terjemahan surat Al Isra ayat 23 dan 24


Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya  kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sakali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkatan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (Q.S. Al Isra' : 23)

Artinya : "Dan rendahkan;ah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (Q.S. Al Isra' : 24)

Saudara/saudariku, kau tidak akan pernah bisa membalas kesusahan yang ditanggung orang tuamu
Allah berfirman : “ Bersyukurlah pada-ku dan kedua orang tuamu. Dan kepada-Ku kau akan kembali.”
Pergilah dan perbaharui ketaatan kalian kepada Allah yang kedua perbaharui juga kepada orang tua kalian

Aku akhiri dengan hadist dari Rasulullah s.a.w dalam Bukhari:” orang tuamu adalah surgamu atau nerakamu” tapi kepatuhan dan berbakti kepada orang tuamu, kepatuhan dan berbaktinya dirimu kepada Allah, dan melalui mereka adalah surga atau nerakamu.
Kalian pilih! Kalau mau surga taatilah hormatilah orang tuamu jangan menghina jangan melawan
Kalau mau neraka lawan
Pilihan ada di tangan sendiri
Kuharap pelajaran ini menyadarkan kita semua

Semoga kita semua yang hadir di sini mendaapat petunjuk dari Allah dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan bakti kita kepada orang tua. Aamiinn…

Subhaanaka Allahumma wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaihi. Wabillahi taufik wal hidayah
wassalaamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuhu…

No comments:

Post a Comment