Wednesday, May 16, 2018

Indahnya akhlak Rasulullah SAW

ASSALAMUALAIKUM WAARAHMATULLAHI WABARAKAATUH

Alhamdulilahi rabbil ‘alamin,
Was sholatu wassalamu ‘ala,
Asyrofil ambiyaa iwal mursalin,
Sayyidina wa maulana Muhammadin,
Wa ‘alaa ‘alihi wa shohbihi ajmain.
Ama ba’du.

Yang terhormat dewan juri yang arif dan bijaksana
Yang saya sayangi hadirin kaum muslimin dan muslimat

Sebagai hamba Allah yang beriman marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.
Tak lupa salawat serta salam kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua termasuk hambanya yang taat dan yang berhak mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak zaman nanti. Aamin ya robbal alaamiin

Perkenankanlah saya pada kesempatan ini untuk menyampaikan hal tentang meneladani akhlak rasulullah saw.

Saudara saudaraku kaum muslimin Rahimakumullah…

Kepribadian menggambarkan keimanan seseorang . kita bisa mengetahui keimanan seseorang melihat dari tingkah laku kesehariannya. Rasulullah s.a.w.adalah sosok manusia yang patut kita teladani. Kepribadiannya amatlah luhur. Beliaulah figur ummat.pembawa syafa’at hingga akhir zaman. Tak bisa dipungkiri, dengan memakan waktu yang cukup singkat beliau bisa membawa agama Islam pada kejayaan

Itu semua tidak lain dikarenakan beliau mempunyai kegigihan serta semangat yang tinggi dalam menjalankan tugas dari Allah,dan juga beliau mempunyai akhlak yang terpuji. Beliaulah sosok manusia sempurna yang dicintai Allah. Dia juga berkehendak agar setiap mukmin menjalani kehidupannya dengan meneladani beliau.

Allah s.w.t.berfirman dalam QS. Al Ahzab ayat 21-22

(21). لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ الَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو الَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ الَّهَ كَثِيرًا
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
(22). وَلَمَّا رَأَى الْمُؤْمِنُونَ الْأَحْزَابَ قَالُوا هَٰذَا مَا وَعَدَنَا الَّهُ وَرَسُولُهُ وَصَدَقَ الَّهُ وَرَسُولُهُ ۚوَمَا زَادَهُمْ إِلَّا إِيمَانًا وَتَسْلِيمًا
Dan tatkala orang-orang mu'min melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata: "Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita". Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan.

Nabi muhammad saw mempunyai sifat murah senyum dan tidak mudah marah. Ketika melihat perbedaan pendapat antar umatnya seperti perbedaan sholat shubuh yang menggunakan qunut dan yang tidak menggunakan. Nabi pun menyikapinya dengan tersenyum. Seperti dalam kisah diceritakan ada sahabat nabi yang ibadahnya belum pernah diajarkan oleh nabi sebelumnnya.

Saat datang sebagai makmum masbuq, Abu Bakar, sahabat nabi melihat Nabi sudah ruku’. Ia pun segera ruku’ kemudian berjalan dengan tergesa-gesa dalam keadaan ruku’ masuk ke dalam shaf. Jalan sambil ruku’ ini tidak pernah dicontohkan oleh nabi sebelumnya. Selesai sholat. Abu bakar pun bertanya pada nabi. Dia bertanya apa yang telah dilakukan tadi itu diperbolehkan atau tidak.  Nabi pun menyikapinya dengan tersenyum. Beliau hanya mengatakan lain kali jangan diulang lagi ya. Hanya sesederhana begitu komentar nabi.  Coba kalau kita yang melihatnya, pasti sudah keluar semua dalil dan hadis. Tapi nyatanya rasul tidak begitu. Beliau mencontohkan kepada kita akhlak yang mulia. Menyikapinya dengan senyum,ramah  dan tidak marah. Orang sesholeh nabi itu murah senyum. Namun kenapa kita yang makin belajar ayat dan hadis makin susah senyum. Harusnya semakin rajin belajar hadis makin rajin senyum . Baca satu hadis *senyum*Kenapa? Karna salah satu sunnah nabi kan tersenyum.

Selain itu, nabi juga mempunyai sifat empati. Nabi mengerti sekali apa yang orang lain inginkan. Namun kadang-kadang, karena sifat empati nabi itu, nabi  jadi ro’fah. Ro’fah itu tidak enakan.
Sifat ro’fah nabi ini terjadi saat suatu ketika Nabi tengah mengadakan pesta pernikahan di rumahnya yang kecil dan sederhana. Ia mengundang beberapa sahabat ke rumah itu.
Kala itu, ada yang datang sebelum acara dimulai dan ada juga yang tetap bercengkerama meski sudah selesai makan. Nabi tidak enak mau menyuruh mereka pulang. Akhirnya pada saat itu juga turun ayat. Allah lah yang menegur mereka. Turunlah surah al ahzab ayat 53 Allah berkata “ wahai orang orang yang beriman. Kalau kalian datang ke rumah nabi . lalu kalian sudah selesai makan. Maka pulanglah karna itu akan menyulitkan nabi  saw. Jangan berlama-lama. Konteks ayat itu jangan berlama-lama. Rasul pun menyampaikan ayat itu pada umatnya.  Allah sampai terlibat karena rasul yang sangat tidak enakannya itu. walaupun kadang-kadang menyulitkan diri sendiri. Namun jika kita jadi orang yangtidak enakan . insyaallah kita sudah mengikuti akhlak sunnah nabi.

Pada surah al imran ayat 159 menyinggung kekhususan Rasul, yakni akhlak mulia beliau. Ayat ini menyatakan, apa yang menyebabkan orang-orang Arab yang bersifat keras dan suka perang . ayat ini berbunyi
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Dari ayat tadi terdapat 3 poin pelajaran yang kita petik dari akhlah rasulullah :‎ yaitu bersikaplah lemah lembut, memberi maaf, dan memohonan ampunan Allah
Akhlak memanglah salah satu dasar dalam islam. Perbuatan baik atau ihsan harus senantiasa kita jaga. Jangan berdusta, tepati janji, amanah, dan selalu istiqomah menjalankannya menjadi pedoman kita dalam berbuat

Generasi muda adalah generasi harapan bangsa. Dimana akhlak yang baik akan selalu menjaga kita dalam segala pergaulan yang akan dijalani. Mulailah dari diri sendiri, perbaiki akhlak kita. Memang kita tidak akan pernah menyamai Rasul dalam hal apapun, namun setidaknya, kita perlu meneladani akhlakul karimah yang sudah beliau terapkan.

Saudara saudaraku kaum muslimin Rahimakumullah…
Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sebagaimana yang kita ketahui, kesempurnaan hanyalah milik Allah Swt. dan tempat kesalahan dan dosa ada di manusia. Oleh karena itu Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan

Akhirul kalam,
Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an laa-ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik.
Wallahul muwaffiq ila aqwamithaaryq,,,

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

1 comment:

  1. In this fashion my friend Wesley Virgin's adventure launches with this shocking and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "mind control" tactics that the CIA and others used to get everything they want.

    THESE are the exact same SECRETS tons of celebrities (notably those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you use only 10% of your brain.

    Mostly, that's because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe this expression has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around seven years back, while riding a non-registered, beat-up garbage bucket of a car without a license and with $3.20 in his pocket.

    "I'm very fed up with going through life paycheck to paycheck! When will I become successful?"

    You've been a part of those those questions, right?

    Your very own success story is waiting to start. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    Watch Wesley Virgin's Video Now!

    ReplyDelete